Sunday, November 11, 2012

Bahaya Air Putih

Hai guys, kali ini aku mau sharing soal Bahaya Air Putih. Sebelumnya artikel ini sudah aku post di wordpress. Let's read.



Tahukah kalian kalau kita mengkonsumsi air putih berlebihan itu malah menimbulkan suatu penyakit? Ya, aku pernah baca beberapa artikel yang menyatakan kalau mengkonsumsi air putih berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Padahal kita semua tahu jika air putih itu menyehatkan. Air merupakan sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sekitar 80% tubuh kita terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Manusia membutuhkan sekitar 6-8 gelas per hari air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jika kurang dari 6-8 gelas,mungkin kita bisa mengalami "Dehidrasi"

Orang yang mengonsumsi air terlalu berlebihan biasanya disebut "Hyper Hydration", nah di bawah ini adalah organ-organ yang dapat terganggu akibat mengkonsumsi air terlalu banyak

1.Ginjal
Air yang kita minum,akan menuju ginjal untuk proses penyaringan. Banyak orang yang beranggapan dengan minum air banyak dapat membersihkan ginjal. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar,karena ginjal akan bekerja terus-menerus. Akhirnya membuat ginjal lemah dan bisa dengan mudah terserang penyakit.

2.Sel Darah Merah
Menurut pendapat ahli,terlalu banyak mengonsumsi air akan membuat sel darah mengembang,dan bila lebih banyak lagi sel darah merah tersebut akan meledak

3.Otak
Mengonsumsi air berlebihan akan membuat air terperangkap di otak kita,dan bisa menyebabkan stroke. Banyak air dapat melebarkan jaringan,dan ini sangat baik untuk pembuluh darah. Akan tetapi otak juga mengembang. Itulah sebabnya kenapa pelari Marathon,lebih senang menyiramkan air ke tubuhnya,daripada meminumnya

4. Paru-paru
Walaupun hanya air, jika bercampur dengan asam lambung saat berbalik naik keatas akan memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru yang menimbulkanpneumonia.

5. Lambung
Terutama saat minum sebelum tidur. Jika masih ada cairan, isi lambung akan meluap naik menuju kerongkongan saat kita merebahkan diri. Pada saat itu, tubuh akan menyempitkan saluran pernapasan dan menghentikan pernapasan kita untuk mencegah isi lambung memasuki tenggorokan. Tindakan otomatis yang dilakukan tubuh mengentikan pernapasan agar air tidak masuk kekerongkonngan dan paru2. Selain itu, minum air terlalu banyak juga bisa membuat kapasitas lambung lebih besar, ini mengiritasi dan melukai lambung.

sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment